Nutrisi Ikan Tuna Kaleng dan Manfaatnya Bagi Tubuh - Distributor Tuna Kaleng, Nutrisi Tuna Kaleng, Tuna Kaleng untuk diet, Distributor Sarden Kaleng

Nutrisi Ikan Tuna Kaleng dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Nutrisi ikan tuna kaleng sangatlah berlimpah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan tuna sendiri biasanya memiliki rata-rata ukuran yang cukup besar dengan bentuk badan pipih seperti torpedo serta mulut runcing. Ikan tuna di pasaran mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan merupakan komoditi ekspor panganan laut yang bernilai.
Di Indonesia sendiri, ada 6 jenis ikan yang digolongkan sebagai ikan tuna dan mempunyai daging ikan tuna dari yang berwarna merah tua sampai merah muda. Warna daging ikan tuna agak sedikit beda dibandingkan daging ikan selama ini yang biasanya sebagian besar berwarna putih.
Ikan tuna dapat dikemas dalam bentuk kalengan, menjadi produk ikan tuna kaleng siap makan. Ikan tuna kalengan yang sudah dibuka sebaiknya segera disimpan di lemari es dalam wadah tertutup rapat dan tidak boleh digunakan kalau sudah lebih dari 2 hari karena pastinya daging ikan menjadi busuk. Nutrisi dalam ikan tuna kaleng sering dibanding-bandingkan dengan ikan tuna segar, tapi sebetulnya manfaat serta kandungan di dalamnya sama saja. Berikut ini informasi mengenai nutrisi ikan tuna kaleng yang beredar umum di pasaran.

Nutrisi ikan tuna kaleng dan manfaatnya bagi kesehatan
Penangkapan ikan tuna dari tahun ke tahun semakin melonjak karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Apalagi dengan adanya teknologi yang makin berkembang membuat metode penangkapan lebih modern, canggih, dan lebih mudah.
Namun, penangkapan ikan tuna yang berlebihan sedikit mengkhawatirkan khususnya jenis ikan tuna sirip biru (bluefin) yang keberadaannya semakin jarang. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh beberapa Negara termasuk Australia. Penangkapan ikan tuna memang perlu memperhatikan efek overfishing sehingga tak hanya berfokus pada kepentingan komersial dan material saja.
Di sisi lain, produk ikan tuna kaleng semakin banyak di pasaran dengan berbagai macam merek. Kebanyakan jenis ikan tuna kalengan yang dikemas adalah ikan tuna sirip kuning (yellowfin), bigeye, dan skipjack. Nutrisi ikan tuna kaleng juga menjadi salah satu faktor kenapa produk komersial seperti ini sangatlah laris. Banyak orang yang memakainya sebagai bahan masakan juga dimasukkan ke dalam menu diet.
Manfaat ikan tuna kaleng dari berbagai kandungannya didapat melalui nutrisi-nutrisi bergizi bagi tubuh. Berikut ini daftar nutrisi ikan tuna dalam kemasan dengan takaran saji 85 gram:
·         Kalori                          511 kJ
-          Dari Karbohidrat   0.8 kJ
-          Dari Lemak           157 kJ
-          Dari Protein           355 kJ
·         Total Lemak                4.2 g
·         Total Omega-3            1103 mg
·         Total Omega-6            45.0 mg
·         Protein                         19.8 g
·         Niacin                          7.4 mg
·         Vitamin A                   1856 IU
·         Vitamin E                    0.9 mg
·         Thiamin                       0.2 mg
·         Vitamin B6                 0.4 mg
·         Vitamin B12               8.0 mcg
·         Riboflavin                   0.2 mg
·         Magnesium                  42.5mg
·         Folat                            1.7 mcg
·         Pantothenic Acid        0.9 mg
·         Kalsium                       6.8mg
·         Choline                        55.3 mg
·         Sodium                        33.2mg
·         Selenium                     31.0mcg
·         Phosphorus                  216mg
·         Manganese                  0.0mg
·         Kolesterol                    32.3mg
·         Zinc                             0.5mg
·         Copper                        0.1mg
·         Air                               57.9g
·         Ash                              1.0g
·         Potassium                    214mg
Dari daftar kandungan serta nutrisi ikan tuna kaleng langsung makan di atas, maka dapat ditebak manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh tubuh melalui konsumsi ikan tuna tersebut. Meskipun sudah dikemas dalam bentuk kalengan, tapi nutrisi itu tidak hilang. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari memakan ikan tuna kalengan.
Khasiat dan manfaat nutrisi ikan tuna kaleng
-          Ikan tuna bermanfaat untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) melalui kandungan omega-3
-          Ikan tuna bermanfaat juga sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh dimana membantu pembentukan otot.
-          Omega-3 yang terkandung di dalam tuna juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena serangan jantung
-          Mengonsumsi ikan tuna 2 kali dalam seminggu dengan porsi cukup membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah.
-          Kandungan selenium serta antioksidan yang terdapat pada daging ikan tuna kaleng bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun pada tubuh.
-          Ikan tuna sebagai sumber antioksidan melawan infeksi dan efek radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Efek radikal bebas juga sering dikaitkan dengan salah satu faktor penyebab kanker.
-          Vitamin B yang terdapat pada ikan tuna berfungsi untuk membantu pembentukan dan produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B juga membantu laju metabolisme tubuh.
-          Ikan tuna sangat baik dikonsumsi sebab nutrisi ikan tuna kaleng Indonesia dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol tinggi, khususnya kolesterol jahat.
-          Kandungan omega-3 di dalam ikan tuna baik untuk mencegah kegemukan atau mengurangi resiko obesitas. Kandungan tersebut mampu merangsang hormon pada tubuh manusia sehingga mampu membantu mengatur berat badan serta meningkatkan metabolisme.
Masih banyak sekali manfaat nutrisi ikan tuna kaleng yang bisa didapatkan dari konsumsi 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Bahkan menurut penelitian, omega-3 yang ada pada tuna dapat merangsang dan meningkatkan fungsi otak dan sangat baik bagi perkembangan otak anak-anak. Dan pada orang paruh baya, omega-3 baik untuk kesehatan jantung serta menurunkan risiko gangguan mental. Apalagi DHA dan EPA pada omega-3 sangatlah bagus untuk meningkatkan seluruh kesehatan dan fungsi tubuh.
Konsumsi ikan tuna tetap harus dibatasi karena adanya kandungan merkuri di dalamnya yang berefek buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, lebih baik jangan terlalu sering makan ikan tuna kaleng, batasi sekitar 2 sampai 3 kali saja per minggu agar tubuh tidak mendapatkan efek negatif dari level merkuri yang akhirnya membuat percuma nutrisi ikan tuna kaleng yang sudah didapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

DISTRIBUTOR TUNA KALENG

Kami adalah Distributor Tuna Kaleng, Sarden Kaleng, dll. Kami siap memberikan kualitas dengan harga terbaik khusus untuk anda. Hubungi kami untuk Info lebih lanjut.

: Java, Indonesia



Popular Posts

Formulir Kontak